Jumat, 28 Mei 2010

HiDuP sEhat TanPa RokoK

Hari anti tembakau
"Gak ada lho gak rame” itulah bunyi salah satu iklan rokok sampoerna yang lumayan terkenal baik di kalangan muda atau tua, dari kaum pinggir jalan sampai orang elite. Luar biasa bukan? Dari kata2 tersebut banyak orang akan teropsesi untuk mengajak orang rame2 untuk mengkonsumsi rokok, kuncinya karena ada persahabatan, sehingga melakukan hal-hal yang tidak bermanfaatpun harus bareng2 seperti “merokok”.
Anda barangkali tak begitu percaya, ternyata "buanyak” sekali remaja di Indonesia suka merokok. Mereka ada yang terang-terangan merokok, bahkan mencuri-curi waktu dan tempat untuk merokok. Hasilnya toh sama saja alias sami mawon: paru-paru mereka yang seharusnya segar dan bersih, terkotori 600 lebih macam zat kimia beracun yang berasal dari rokok. Kalu begitu, apa jadinya paru-paru jika dikotori racun dengan jumlah dan jenis sebanyak itu?
Relawan anti-rokok tentu saja tak akan mampu membuat iklan semahal industri rokok raksasa seperti Gudang Garam, Sampoerna, atau LA. Dampaknya? WHO mencatat, saat ini separuh dari anak-anak di dunia hampir satu miliar anak dan remaja terekspose asap rokok, langsung maupun tak langsung. Akibatnya anak-anak dan remaja yang terkena asma, bronkitis, dan kanker paru-paru di dunia belakangan ini makin bertambah. WHO juga mencatat, 3,5 juta orang meninggal tiap tahun karena rokok. Ini berarti, 7 persen seluruh kematian di dunia disebabkan asap racun itu.
Ingatlah teman, yang untung justru orang yang punya pabrik rokok, mereka akan semakin kaya raya, sedangkan anda yang mengkonsumsi rokok akan semakin miskin, “Miskin Kesehatan”, Miskin Uang” bahkan Jika anak dan remaja sejak dini sudah dicekoki asap rokok, niscaya di masa depan, mereka akan menderita berbagai macam penyakit dan menghadapi kematian dengan pelan tapi pasti". So mulai dari sekarang lakukan hal positif untuk mengurangi merokok.
Writed by : Humas KAMMI komisariat banjarbaru
Kunjungi KAMMI di www.heroesofkammi.blogspot.com
FB : kammi banjarbaru Cp : jidah 085751490674

Tidak ada komentar: