Minggu, 28 Desember 2008

We Are The Next Hero....!!!!!

Minggu, 16 November 2008, bertempat diaula Fakultas Teknik, Departemen Kebijakan Publik, menyediakan wadah bagi teman-teman yang ingin mengupas habis tentang arti kepahlawanan. Pembahasan tidak hanya terbatas pada buku “Mencari Pahlawan Indonesia” karangan ustad Anis Matta, namun kejadian yang sekarang sedang boomingpun ikut dibongkar habis. Misalnya peristiwa tahun 98 yang memunculkan banyak nama-nama pahlawan dari kalangan mahasiswa yang “berani mati” atau bisa dikatakan pahlawan yang akan membacakan pernyataan “ demi amanat dan beban rakyat. Kami nyatakna keseluruh dunia. Telah bangkit ditanah air sebuah aksi perlawanan terhadap kebohongan yang bersarang dalam kekusaan orang-orang pemimpin gadungan”.

Sungguh sangat berani !! Mereka adalah orang-orang biasa yang melakukan kerja-kerja besar, bukan orang-orang besar tapi hanya melakukan kerja-kerja kecil. Berdasarkan karakteristik pahlawan yang dinanti itu adalah KITA, para pemuda. Yang duduk manis dibangku kuliah. Tidak salah memang, bila fokus dalam menuntut ilmu namun itu semua belum lengkap tanpa aplikasi yang nyata pada lingkungan sekitar (masyarakat).

Kapan lagi kita bisa merealisasikan semuanya bila kita hanya terkurung pada tuntunan nilai tanpa hasil yang riil. Dalam paragraf terakhir dalam buku tersebut dikatakan bahwa “ mereka (pahlawan) tidak akan pernah datang. Mereka bahkan sudah ada disini. Mereka lahir dan besar dinegri ini. Mereka adalah Aku, Kau, dan Kita semua. Mereka bukan orang lain. Mereka hanya belum memulai. Mereka hanya perlu berjanji untuk merebut takdir kepahlawanan mereka. Dan dunia akan menyaksikan gugusan pulau – pulau ini menjelma menjadi untaian kalung zamrud kembali menghias leher sejarah.

Sesungguhnya kebenaran dan keadilan itu hanya bisa diungkap oleh orang-orag yang berfikir..... Jangan terpukau oleh tingginya jabatan, tetapi ingat akan tingginya resiko yang dipikul. Jangan terpesona oleh besarnya kekuasaan, tetapi ingat akan besarnya tanggung jawab.

Lari dari tanggung jawab adalah perbuatan yang amat hina, termasuk perbuatan munafik. Kehormatan dan harga diri seorang pemimpin adalah kemampuan memikul tanggung jawab. Dan sahabat terdekat dari seorang pahlawan adalah keberanian.

Tidak ada komentar: